(GFD-2022-10034) [SALAH] Anies Baswedan di Cover Majalah Al Islam: “Wujudkan Jakarta Bersyariah”

Sumber: twitter.com
Tanggal publish: 24/06/2022

Berita

Akun Twitter @yana_udiyatna mengunggah foto yang menunjukkan wajah Anies Baswedan menjadi cover majalah Al Islam yang berjudul “Wujudkan Jakarta Bersyariah”. Selain itu, pada cover majalah tersebut juga terdapat tulisan “menyongsong gubernur Muslim, menghentikan gubernur kafir”.

Cuitan @yana_udiyatna yang diunggah pada 20 Juni lalu telah disukai sebanyak 109 kali, serta telah dibagikan dan dikutip ulang sebanyak 33 kali.

Narasi
“Ini salah satu jejak digital. Gerombolan Kadal Khilafah mendukung Wan Aibon”.

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan hoaks berulang sejak 2017 silam, saat kontestasi politik pemilihan gubernur di DKI Jakarta masih berlangsung.

Situs turnbackhoax.id telah membahas hoaks serupa. Mengutip keterangan dari turnbackhoax.id, majalah Al Islam tidak pernah menulis dan menerbitkan majalah dengan cover dan judul tersebut.

Majalah Al-Islam dengan cover wajah Anies Baswedan sengaja dibuat oleh oknum jahat yang ingin memanfaatkan momentum pemilihan gubernur DKI Jakarta untuk menjatuhkan salah satu paslon.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan @yana_udiyatna merupakan konten palsu.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Hoaks berulang sejak 2017. Faktanya, majalah Al Islam tidak pernah menerbitkan majalah berjudul “Wujudkan Jakarta Bersyariah” dengan cover wajah Anies Baswedan.

Rujukan