(GFD-2022-10803) [SALAH] Lowongan Kerja oleh PLN Wilayah Denpasar Oktober 2022

Sumber: Whatsapp.com
Tanggal publish: 22/10/2022

Berita

“@pln_123 halo selamat siang, ap aini info valid dari PLN mengadakan perekrutan di Denpasar Bali, dan diminta pembayaran sebagai berikut:”

Untuk Reservasinya paket sudah termasuk:

– Tiket PP (pulang pergi)

– Hotel

– Penjemputan

– Konsumsi

– Pakaian

– Rapid test

Mohon selesaikan pembayaran melalui transfer (Atm/Internet Banking/M-Banking) Transfer ke:

BANK JAGO A/N. BENTANG ACHMAD H

NO REK: 1003-5450-6087

Total : Rp 3.920.887

Konfirmasikan transfer (informasi, Nama pengirim/Jumlah pembayara/Bank pengirim/Bank tujuan/Bukti transfer.kirim via whatsapp ke nomor ini.

Batas waktu pembayaran 45 menit.

Dengan ini disampaikan daftar peserta rekrutmen PLN Group Tingkat SMA/SMK, D-III, D-IV dan S1 Tahun 2022 yang berhasil lolos tahap seleksi berkas administrasi, dan berhak untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, berikut kami lampirkan pengumuman rekrutmen umum PLN Group.

Salam hormat

Tim Rekrutmen PLN

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun Twitter mengajukan pertanyaan dengan mentweet pada laman Twitter @PTPLN(Persero) terkait dengan informasi lowongan kerja PLN untuk wilayah Denpasar, Bali yang diterimanya. Berdasar pada unggahan, diketahui bahwa informasi lowongan kerja untuk PLN wilayah Bali tersebut beredar pada tanggal 1 Oktober 2022.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa informasi lowongan kerja tersebut palsu. PLN melalui akun Twitter resminya menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah bekerja sama dengan pihak lain termasuk biro travel perjalanan dalam melakukan rekrutmen pekerja.

“Hai Kak, admin informasikan bahwa untuk informasi resmi dapat mengakses situs rekrutmen PLN rekrutmen.pln.co.id/vacancy/site… . Apabilaa da kendala mohon kesediaannya mneghubungi No. telp 021.7261122 dengan ext. 1112.

Sebagai informasi, PT. PLN (Persero) tidak pernah bekerja sama dengan pihak lain termasuk biro travel perjalanan untuk program rekrutmen, PLN hanya melakukan proses rekrutmen melalui situs rekrutmen.pln.co.id, PLN tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen.

Perihal tersebut mohon lebih berhati-hati dengan modus penipuan yang memanfaatkan program rekrutmen PLN.” jelas PLN pada laman Twitternya.

Berdasar pada seluruh referensi, diketahui bahwa informasi seputar lowongan kerja PLN adalah hoaks dan masuk ke dalam kategori konten palsu atau fabricated content.

Kesimpulan

PLN melalui laman Twitter resminya telah melakukan bantahan terkait informasi yang beredar tersebut.

Rujukan