MENGAPA MESIN MOBIL SERING MATI DI ATAS PERLINTASAN REL KERETA API
Org awam terkadang mengira hal ini di sbbkan krn perlintasan tsb angker/kurang sajen dan kemenyan/ada demit dll
(GFD-2016-1702) Mesin Mobil Sering Mati Di Atas Rel Kereta Api
Sumber: Sosial MediaTanggal publish: 11/12/2016
Berita
Hasil Cek Fakta
Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah DINAMO, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar).
Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 Km dr Lokomotif.
Saat kendraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dpt seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA.
Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 Km dr Lokomotif.
Saat kendraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dpt seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA.