(GFD-2024-19283) [HOAKS] Pesawat Jatuh di Perairan Nagekeo NTT pada 22 April

Sumber:
Tanggal publish: 23/04/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar kabar mengenai pesawat jatuh di perairan selatan Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin (22/4/2024).

Kabar itu disertai foto sebuah pesawat berwarna putih yang mengapung di laut.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, kabar tersebut hoaks.

Kabar pesawat jatuh di perairan selatan Nagekeo, Pulau Flores, dibagikan oleh akun Facebook ini pada Senin (22/4/2024).

Berikut narasi yang dibagikan:

Pesawat jatuh di perairan selatan Nagekeo Flores maunori

Hasil Cek Fakta

Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia membantah kabar pesawat jatuh di perairan Bengga Nagekeo antara Bajawa-Ruteng, Kupang, NTT.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro mengatakan, kabar tersebut tidak benar atau hoaks.

"AirNav Indonesia sebagai BUMN pemandu pelayanan lalu lintas penerbangan dapat menyimpulkan bahwa pemberitaan tersebut tidak benar atau hoaks," kata Hermana, seperti diberitakan Antara, Senin (22/4/2024).

Ia mengatakan, AirNav Cabang Kupang memastikan semua pesawat yang beroperasi di wilayah tersebut beroperasi normal.

"Cabang Kupang juga telah berkoordinasi dengan Flight Information Centre (FIC) Bali Sector bahwa tidak ada indikasi terdapat pesawat yang mengalami accident," ujarnya.

Menurut Hermana, maskapai Lion Air telah menghubungi AirNav Cabang Kupang dan memastikan pesawat mereka beroperasi normal.

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro turut membantah kabar mengenai salah satu pesawat hilang kontak di wilayah NTT.

"Wings Air dengan tegas menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar," kata Danang.

Sementara itu, setelah ditelusuri dengan teknik reverse image search menggunakan Google Lens, gambar yang disertakan dalam unggahan di Facebook adalah foto lama.

Gambar yang sama ditemukan dalam pemberitaan ABC News, 21 Agustus 2019, tentang pesawat berisi dua orang jatuh di Teluk Half Moon, lepas pantai California, Amerika Serikat.

Kesimpulan

Kabar pesawat jatuh di perairan selatan Nagekeo, Pulau Flores, pada Senin (22/4/2024), adalah hoaks.

AirNav Indonesia membantah kabar tersebut dan kantor cabang di Kupang memastikan bahwa semua pesawat di wilayah tersebut beroperasi normal.

Selain itu, foto yang disertakan adalah peristiwa kecelakaan pesawat di Teluk Half Moon, lepas pantai California, pada Agustus 2019.

Rujukan