(GFD-2024-19284) [SALAH] “Inilah yang terjadi ketika petir menyambar sungai”

Sumber: Instagram.com
Tanggal publish: 15/04/2024

Berita

NARASI: * “KAMU TAU GAK💡
Inilah yang terjadi ketika petir menyambar sungai” (di video).

* “⚡️Sambaran petir bergerak dengan kecepatan 270.000 mph.
Artinya, dibutuhkan waktu sekitar 55 menit untuk melakukan perjalanan ke bulan.
🏝 Ketika petir menyambar pasir atau tanah berpasir, butiran-butiran pasir tersebut akan menyatu menjadi tabung kecil seperti kaca yang dikenal sebagai fulgurite.
💵 Fulgurite tidak hanya dihargai oleh para kolektor, namun juga memiliki nilai ilmiah yang tinggi dalam menunjukkan terjadinya badai petir di masa lalu.
🏞 Danau Maracaibo di Venezuela adalah tempat di bumi yang paling banyak menerima sambaran petir.
Tempat tersebut di anugerahi sebanyak 40.000 sambaran petir dalam satu malam.
Information source : Metoffice.uk
🎥: N/A ( dm us for credit or removal request).

#lightningstrike #didyouknow #funfact #instagood #themoreyouknow #lake”

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan video dengan narasi/klaim yang MEMELINTIR konteks. FAKTA: BUKAN Petir, kilat yang disebut sebagai sambaran Petir di video yang dibagikan adalah Det Cord (Kabel Detonasi) yang menyala sebelum mencapai bahan peledak, yang merupakan bagian dari ledakan bawah air yang terkendali. Video sudah diunggah sebelumnya pada tahun 2012 oleh Rannikon Merityö, sebuah perusahaan teknik air Finlandia.

Salah satu sumber video yang identik dengan konteks yang BENAR, Rannikon Merityö di YouTube pada 21 Des 2012: “In this video, we deepen the waterway.”

Sistem Pendukung PdL: “Kabel Detonasi terdiri dari inti dengan daya ledak tinggi (PETN atau RDX) yang dibungkus dengan lapisan plastik yang diperkuat, tahan air, dan tidak berminyak yang mentransmisikan gelombang ledakan. Ini digunakan sebagai bahan peledak, bahan dasar atau sendiri sebagai bahan peledak. Hal ini dapat dimulai dengan tutup peledakan listrik atau tutup peledakan non-listrik. Ketika inti bahan peledak diledakkan dengan tutup peledakan, gelombang bergerak sepanjang kabel menuju tutup peledakan lain atau bahan peledak yang melekat padanya. Ia memiliki kecepatan ledakan tidak kurang dari 5.900 m/s sehingga cocok untuk menyinkronkan beberapa muatan, bahkan ketika ditempatkan pada jarak yang berbeda dari inisiasi.”

Artikel periksa fakta yang sebelumnya, turnbackhoax.id pada 22 Jan 2022: [SALAH] “Petir menyambar air”

Kesimpulan

MEMELINTIR konteks, BUKAN Petir. FAKTA: kilat yang disebut sebagai sambaran Petir di video yang dibagikan adalah Det Cord (Kabel Detonasi) yang menyala sebelum mencapai bahan peledak, yang merupakan bagian dari ledakan bawah air yang terkendali. Video sudah diunggah sebelumnya pada tahun 2012 oleh Rannikon Merityö, sebuah perusahaan teknik air Finlandia.