(GFD-2024-19372) [SALAH] “PT Astra Honda Motor Berbagi 50 Motor PCX”

Sumber: Tiktok.com
Tanggal publish: 26/04/2024

Berita

PT Astra Honda motor Berbagi hadiah 50 unit motor PCX adabila ada yg bisa menangkap gambar di bawah dengan tepat jika bisa silahkan pillh warna

Hasil Cek Fakta

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang bernama @pt.honda_astra telah mengunggah video yang berisi narasi bahwa mereka akan membagikan 50 motor PCX melalui games tangkap gambar.

Lalu pada bagian profil akun tersebut tertera sebuah link Whatsapp untuk mengklaim hadiah tersebut. Namun hal tersebut dapat dicurigai digunakan untuk melakukan penipuan online karena faktanya akun Tiktok resmi dari PT Astra Honda Motor adalah @welovehonda.

Akun resmi milik tersebut juga tidak disebutkan jika Honda sedang melakukan giveaway seperti dalam unggahan tersebut. Pada bagian deskripsi akun @welovehonda juga tidak mencantumkan sebuah link Whatsapp seperti yang dilakukan oleh akun tiruan tersebut.

Modus penipuan yang mengatasnamakan Honda seperti ini juga sudah beberapa kali dibahas di turnbackhoax.id, bahkan juga mencatut nama perusahaan motor lainnya seperti Yamaha dan Suzuki.

Kesimpulan

Tidak benar bahwa Honda Indonesia memberikan giveaway 50 motor PCX bagi yang bisa memenangkan games tangkap gambar, akun yang mengatasnamakan Honda tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

Rujukan