(GFD-2024-19513) [SALAH] Video Penampakan Unta Selama Banjir Besar di Dubai

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 30/04/2024

Berita

“Kejadian Aneh Dan Penampakan Banyak Unta Semasa Banjir Besar Di Dubai. Semasa Banjir Besar Wujudnya Kawasan Gurun. PERINGATAN ALLAH TAALA.”

Hasil Cek Fakta

Artikel ini disadur dari India Today.
Beredar di media sosial potongan video berdurasi salah satunya di akun Facebook. Pada unggahan video tersebut memperlihatkan kawanan unta terjebak banjir yang diklaim terjadi di Dubai “Kejadian Aneh Dan Penampakan Banyak Unta Semasa Banjir Besar Di Dubai.”

Setelah dilakukan pencarian video ditemukan video serupa pada channel YouTube Northeast Live berjudul “Flash flood claims 30 lives in Saudi Arabia” pada menit ke 1:02 diunggah pada 15 November 2018. Selain itu dengan pencarian gambar serupa ditemukan pada sebuah akun Instagram @adamonzon yang diunggah pada 27 Oktober 2018. Ada Monzon adalah seorang ahli meteorologi dari Spanyol. Narasi pada unggahan berbahasa Spanyol jika diterjemahkan menyebutkan lokasi kejadian di Tabuk.

Dengan demikian klaim video unta terjebak banjir di Dubai adalah tidak berkaitan apapun dengan bencana banjir di Dubai yang terjadi pada April 2024 ini dan termasuk kategori konten menyesatkan.

Kesimpulan

TIDAK BERKAITAN DENGAN BENCANA BANJIR DI DUBAI. Video banjir tersebut terjadi di Tabuk, Saudi Arabia pada Oktober 2018.

Rujukan