(GFD-2024-19514) [SALAH] Air Batang Pisang Ampuh untuk Menghancurkan Batu Empedu, Asam Urat, Kolesterol, dan Menurunkan Tekanan Darah

Sumber: twitter.com
Tanggal publish: 30/04/2024

Berita

“:white_circle: Manfaat air pada gedebog pisang, ampuh utk menghancurkan batu ginjal, asam urat, cholesterol menurunkan tensi darah

Selamat Mencoba

Selamat Merayakan Hari Raya Iedul Fitri
Mohon Maaf Lahir & Batin :pray:”

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun Twitter/X mengunggah cuitan yang melampirkan video dengan klaim air dari batang atau gedebog pisang dapat dikonsumsi sebagai obat dari berbagai penyakit seperti batu ginjal, asam urat, kolesterol, dan mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebut sudah dilakukan banyak warga di India.

Sebelumnya sempat beredar pula bahwa air yang dihasilkan dari batang pohon pisang ini bermanfaat untuk mengobati penyakit lambung.

Namun dari berbagai referensi, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa air dari batang pisang ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebaliknya, minum air batang pisang yang belum teruji kandungannya dapat membahayakan kesehatan. Air batang pisang bisa saja mengandung getah yang dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Nonthalert Lertnitikul, profesor dari Departemen Farmakognosi dan Botani Farmasi Universitas Chulalongkorn. Menurutnya, air dari batang pisang tidak higienis untuk diminum dan berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mengandung bakteri dan debu.

Kesimpulan

Belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa air dari batang pohon pisang ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebaliknya, minum air sadapan pohon pisang yang belum teruji kandungannya dapat membahayakan kesehatan.

Rujukan