(GFD-2024-19519) [SALAH] BANTUAN SENILAI RP75 JUTA DARI BPJS KESEHATAN

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 30/04/2024

Berita

Beredar melalui sebuah akun Facebook bernama Ardty Hartati informasi yang menyebut jika BPJS Kesehatan tengah memberikan dana bantuan senilai Rp75 juta. Dalam narasi yang beredar juga turut disebutkan jika masyarakat diminta untuk mengklik tautan yang telah disematkan, apabila ingin mendapat dana bantuan tersebut.

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, informasi tersebut merupakan informasi PALSU. Informasi serupa diketahui telah sering kali beredar, dan telah dilakukan pemeriksaan faktanya oleh para pemeriksa fakta Mafindo. Melansir dari akun X/Twitter @BPJSKesehatanRI, ditegaskan jika BPJS Kesehatan tidak mengeluarkan bantuan dana apapun seperti halnya yang ramai beredar, serta mengimbau masyarakat agar hati-hati dengan informasi yang berpotensi tindak penipuan.

“Salam Sehat Sahabat. Mohon maaf Sahabat. BPJS Kesehatan tidak mengeluarkan Bantuan dana apapun. “Hati-hati terhadap penipuan yang atas namakan petugas BPJS Kesehatan yang menghubungi Anda melalui telepon” Terima kasih ? . -na” tulis akun X BPJS Kesehatan.

Berdasar seluruh referensi, informasi BPJS Kesehatan membagikan hadiah senilai Rp75 juta adalah tidak benar. Informasi tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori fabricated content atau konten palsu.

Artikel ini disadur dari artikel milik Kompas.com.

Kesimpulan

HOAKS berulang. BPJS melalui akun Xnya telah mengklarifikasi perihal ini sejak tahun 2022.

Rujukan