(GFD-2024-19535) [Cek Fakta] Benarkah Gunung Gamalama Ternate Erupsi? Ini Faktanya

Sumber:
Tanggal publish: 19/04/2024

Berita

Beredar sebuah narasi bahwa Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara mengalami erupsi, baru-baru ini. Narasi ini beredar di media sosial.  

Adakah akun X @dowi* yang turut mengunggah narasi tersebut. Berikut narasi selengkapnya:

"Dampak gunung gamalama erupsi di Ternate, pesawat garuda Indonesia PK-GMX jakarta ternate (CGK-TTE) muter muter sudah 4x putaran, kalau tidak memungkinkan landing di tujuan kenapa ga puter balik aja? YaAllah semoga baik baik aja," tulis akun tersebut, Jumat 19 April 2024.

Benarkah demikian?

Hasil Cek Fakta

Dari penelusuran kami, klaim bahwa Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara mengalami erupsi, adalah salah. Faktanya, pihak berwenang telah membantah kabar ini.  

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan kabar tersebut, hoaks. PVMBG tidak melihat ada erupsi besar sebagaimana lazim terjadi pada gunung lain.

"Hoax. Kalaupun ada potensi erupsi, itu berupa erupsi freatik, yang dampaknya hanya di sekitar kawah," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan kepada wartawan, Jumat 19 April 2024.

Berdasarkan catatan PVMBG, erupsi terakhir pada Gamalama terjadi pada 4 Oktober 2018. Sementara peristiwa pada akhir Februari 2024 sekadar gempa vulkanik dengan embusan asap kawah putih setinggi 400 meter dari puncak tanpa dilanjutkan dengan erupsi.

Kesimpulan

Klaim bahwa Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara mengalami erupsi, adalah salah. Faktanya, pihak berwenang telah membantah kabar ini.

Rujukan