(GFD-2024-19539) Cek Fakta: Hoaks Video Cristiano Ronaldo Angkat Bicara Soal Wasit di Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan

Sumber:
Tanggal publish: 02/05/2024

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo angkat bicara terkait performa wasit saat Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.
Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 1 Mei 2024.
Dalam postingannya terdapat video Cristiano Ronaldo dengan klaim narasi sebagai berikut:
"Mereka (Indonesia) sudah tak bisa fokus semenjak dicurangi wasit"
Video itu diberi judul, "CR7 angkat suara soal laga Indonesia Vs Uzbekistan "Mereka takkan kalah jika tak dicurangi wasit"
Akun itu menambahkan narasi "Senior aja angkat bicara, gmna mnurut kalian"
Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo angkat bicara terkait performa wasit saat Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menggunakan Google Lens. Hasilnya ada beberapa video yang identik dengan postingan.
Salah satunya yang diunggah ESPN UK di Facebook pada 23 Oktober 2018. Kesamaan terdapat pada pakaian yang dipakai Ronaldo dan juga latar belakang tempat dia berbicara.
Video itu merupakan video saat Ronaldo melakukan konferensi pers dalam laga Liga Champions antara Manchester United Vs Juventus di Old Trafford.
Dalam jumpa pers tersebut Ronaldo berbicara terkait kenangannya bersama MU dan juga persiapan jelang laga tersebut.
Sementara laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan sendiri digelar Senin 29 April 2024 lalu atau berbeda 5 tahun dengan video Ronaldo.

Kesimpulan


Postingan video Cristiano Ronaldo angkat bicara terkait performa wasit saat Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23 adalah hoaks.

Rujukan