(GFD-2024-19869) [SALAH] Covid-19 Sudah Direncanakan oleh Rockefeller Foundation dan Orang yang Divaksin akan Dikontrol AI

Sumber: SnackVideo.com
Tanggal publish: 16/05/2024

Berita

“Begini Katanya Tentang COVID-19, Siapa Yang Vaksin Akan Dikontrol Artificial Intelligence”

“Covid-19 Sudah Direncanakan oleh Rockefeller Foundation”

“Yang Vaksin Akan Dikontrol oleh Artificial Inteligence”

Narasi dalam video:

“Kedokteran medis itu buatan Rockefeller Foundation juga, tahun 1910”

“Covid itu singkatan dari certificate of vaccine identity digital. Lihat sekarang, siapa yang sudah kena, akan menerima sertifikat right? Sebagai identitas digital untuk menjadi persyarakatan boleh ke mana-mana. … Mereka kontrol by system dan 19 itu artinya ada P itu A artinya artificial, 9-nya I. Jadi barang siapa sudah divaksin dia akan menerima sertifikat sebagai identitas digitalnya, dia dan akan dikontrol artificial intelligence, dan itu sekarang terjadi”

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah postingan di Snack Video yang menunjukkan Komjen. Pol. (Purn). Dharma Pongrekun yang menyebut bahwa Covid-19 sudah direncanakan oleh Rockefeller Foundation dan siapa pun yang mendapatkan vaksin Covid-19 akan dikontrol oleh AI. Ia juga menyebut bahwa kedokteran medis dibuat oleh Rockefeller Foundation pada tahun 1910.

Disebutkan juga bahwa Covid-19 merupakan akronim dari Certificate Of Vaccine Identity Digital, kemudin urutan huruf ke-1 adalah A yang berarti Artificial dan urutan huruf ke-9 adalah I yang berarti Intelligence.

Namun hasil penelusuran klaim-klaim yang disebutkan oleh Dharma Pongrekun tersebut menyesatkan. Dilansir dari Tempo.co, klaim Covid-19 adalah buatan Rockefeller Foundation merupakan hanya konspirasi yang telah lama beredar sejak Juli 2020 yang tidak memiliki bukti yang mendasar.

Masih dari Tempo.co, hasil studi di Scripps Research Institute oleh profesor imunologi dan mikrobiologi menunjukkan bahwa SARS-CoV-2, yang menjadi penyebab penyakit Covid-19 adalah proses dari evolusi alami, bukan virus yang sengaja dibuat.

Penelusuran terkait nama Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi nama tersebut yang merupakan akronim dari Coronavirus Disease, dan 19 merujuk pada tahun munculnya virus SARS-CoV-2 pada Desember 2019 di Wuhan, China.

Sebelumnya penyakit ini disebut juga sebagai “Virus Wuhan” atau “Virus China”, namun Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom menyebut bahwa pemberian nama penyakit tidak boleh merujuk pada lokasi geografis, nama hewan, dan nama individu atau nama kelompok yang berhubungan dengan penyakit agar tidak menimbulkan stigma di masyarakat.

Klaim bahwa kedokteran medis adalah buatan Rockefeller Foundation pada tahun 1910 tidak mendasar. Pada laman resminya disebut bahwa Rockefeller Foundation berdiri pada tahun 1913, sedangkan penelusuran terkait sejarah kedokteran medis, Wikipedia mencatat pada abad ke 9 Sekolah Kedokteran pertama kali dibuka bernama The Schola Medica Salernitana di Italia. Dengan begitu kedokteran medis sudah ada jauh sebelum Rockefeller Foundation berdiri.

Dengan demikian, Rockefeller Foundation yang merencanakan pandemi Covid-19 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Klaim tersebut hanya konspirasi yang telah lama beredar sejak Juli 2020 yang tidak memiliki bukti yang mendasar. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

Rujukan