Mataram, 08/09/2024, – Mafindo NTB melaksanakan kampanye prebunking di Teras Udayana Kota Mataram yang melibatkan ratusan masyarakat NTB, khususnya Mataram. Dengan mengusung tema “Batur Mentaram Silaq Lawan Hoaks”, kampanye ini bertujuan untuk memberikan edukasi, serta meningkatkan kesadaran dan keterampilan kritis masyarakat dalam menghadapi informasi yang menyesatkan (hoaks) menjelang pilkada 2024.
Beberapa aktivitas yang dilakukan yakni: penandatanganan deklarasi melawan hoaks, pengenalan kanal cekfakta.com untuk mengkonfirmasi berita, pengenalan tools antihoaks, permainan “Ular Tangga Anti Hoax”, dan sejumlah aktivitas menarik lainnya.
Kampanye ini merupakan hasil kolaborasi antara Mafindo, AJI, AMSI yang tergabung dalam Koalisi Cek Fakta dan didukung oleh Google News Initiatives , yang bertujuan untuk memperkuat literasi media dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya verifikasi informasi, terutama menjelang Pilkada 2024. Kegiatan Kampanye Prebunking Mafindo NTB kian semarak berkat adanya kolaborasi bersama sejumlah organisasi yang tergabung dalam Koalisi Melawan Hoaks NTB (KOMMA NTB). Di mana kegiatan Kampanye Prebunking tidak hanya
berlangsung di booth Mafindo NTB yang terletak di Teras Udayana. Tetapi juga aksi long march dan penandatanganan deklarasi melawan hoaks yang berlangsung dari halaman Islamic Center NTB, hingga di sepanjang Car Free Day Jalan Udayana.
Nuryanti Dewi, Direktur LBH APIK NTB menyampaikan, “Kampanye ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama agar mereka tidak gampang terprovokasi dengan informasi yang tidak benar yang tersebar di internet”. Dirinya pun menambahkan bahwa kegiatan baik seperti ini sudah seharusnya diselenggarakan secara kontinyu, dengan tetap mengedepankan metode edukasi yang menyenangkan.
Senada dengan hal tersebut, M. Kasim, Ketua AJI Mataram, menyampaikan bahwa “Kampanye Prebunking ini penting bagi masyarakat, karena bagaimanapun, jangan sampai kemudian hoaks ini sudah berkembang, kita baru sadar bahwa ini sangat mengganggu stabilitas negara maupun daerah”. “Apa yang telah dilakukan oleh relawan Mafindo NTB ini sangat penting sebagai edukasi sekaligus sebagai pencegahan atau mitigasi terhadap penyebaran hoaks di masyarakat”, tambahnya.
Tentang Cek Fakta
CekFakta.com adalah sebuah sebuah proyek kolaboratif pengecekan fakta yang diinisiasi MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia). Kolaborasi ini diluncurkan di ‘Trusted Media Summit 2018’ pada Sabtu, 5 Mei 2018 di Jakarta dengan melibatkan puluhan media online di Indonesia serta jejaring ratusan pemeriksa fakta di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang Cek Fakta, silakan kunjungi kami di https://cekfakta.com/about
Tentang Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO)
Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memerangi misinformasi dan hoaks. Berdiri pada tahun 2016, MAFINDO memiliki lebih dari 95.000 anggota online dan 1.000 sukarelawan. MAFINDO memiliki 20 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia dan mencakup berbagai bidang, termasuk namun tidak terbatas pada pencegahan hoax, hoax busting, edukasi publik, seminar, lokakarya, advokasi, pengembangan teknologi anti-hoax, penelitian, dan keterlibatan sosial di tingkat akar rumput.
Untuk informasi lebih lanjut tentang Mafindo, silakan kunjungi kami di https://mafindo.or.id/tentang-mafindo/
(GFD-2024-24054) KAMPANYE PREBUNKING: UPAYA MAFINDO NTB DAN KOALISI CEK FAKTA MELAWANHOAKS JELANG PILKADA 2024
Sumber:Tanggal publish: 08/09/2024