(GFD-2019-3142) Mau Lapor ke Jabar Quick Response, Begini Caranya
Sumber: Media OnlineTanggal publish: 07/10/2019
Berita
"*INFO WARGA JABAR* Jika ada tetangga yang kelaparan gak punya beras, rumah runtuh, gak punya biaya untuk bisa pergi ke dokter, putus sekolah kurang biaya dll, SEKARANG laporkan ke 08111-35-7777 atau follow akun IG @jabarquickresponse , akun twitter @QRJabar dan akun facebook Jabar Quick Response. mohon viralkan dan sebarkan ke group wa. Gebrakan baru Pemprov Jabar. Ini program unggulan Pemprov Jabar"
Hasil Cek Fakta
BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan program pertamanya yakni sistem aduan masyarakat yang diberi nama Jabar Quick Response (Jabar QR). Jabar QR adalah kanal aduan kemanusiaan bagi masyarakat Jawa Barat yang bisa memberikan solusi atau pertolongan pertama bagi permasalahan yang bersifat kemanusiaan dan darurat. Warga yang ingin melapor cukup menghubungi nomor aduan 08111357777 atau bisa juga menghubungi lewat sejumlah akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dengan kata kunci Jabar Quick Response. "Nah bisa lapornya dari berbagai sistem yang tidak pakai medsos, cukup pakai sms, yang punya medsos bisa via Twitter, Instagram, Facebook, nanti dikelola oleh gabungan pemerintah provinsi dengan teman-teman aktivis sosial kemanusiaan," ujar Ridwan Kamil.
Dari pemaparan akun instagram @jabarquickresponse, setiap pengaduan yang masuk akan dicatat dan diverifikasi oleh tim. Status aduan bisa dicek melalui website Jabar QR, apakah masih dalam proses verifikasi, sedang dikerjakan, atau telah diselesaikan. Adapun waktu penyelesaian aduan disesuaikan berdasar skala prioritas masalah. "Ini memperbaiki tata cara negara menolong warganya. Hari ini kita launching Jabar Quick Response supaya bisa menolong warga Jabar yang sedang emergensi. Jadi kata kuncinya emergensi, berkesusahan. Bisa melaporkan diri sendiri atau melaporkan saudaranya, tetangganya," tutur Emil, sapaan akrabnya.
Saat ini Jabar QR punya ribuan relawan di seluruh wilayah di Jabar yang akan menindaklanjuti aduan masyarakat. "Sumber pendanaan bisa dari mana saja. Kalau sifatnya program lewat pemerintah, kalau sifatnya kemanusiaan bisa dari dana zakat, infaq, sodaqoh, dana CSR, nanti juga dikelola secara profesional," jelasnya.
Dari pemaparan akun instagram @jabarquickresponse, setiap pengaduan yang masuk akan dicatat dan diverifikasi oleh tim. Status aduan bisa dicek melalui website Jabar QR, apakah masih dalam proses verifikasi, sedang dikerjakan, atau telah diselesaikan. Adapun waktu penyelesaian aduan disesuaikan berdasar skala prioritas masalah. "Ini memperbaiki tata cara negara menolong warganya. Hari ini kita launching Jabar Quick Response supaya bisa menolong warga Jabar yang sedang emergensi. Jadi kata kuncinya emergensi, berkesusahan. Bisa melaporkan diri sendiri atau melaporkan saudaranya, tetangganya," tutur Emil, sapaan akrabnya.
Saat ini Jabar QR punya ribuan relawan di seluruh wilayah di Jabar yang akan menindaklanjuti aduan masyarakat. "Sumber pendanaan bisa dari mana saja. Kalau sifatnya program lewat pemerintah, kalau sifatnya kemanusiaan bisa dari dana zakat, infaq, sodaqoh, dana CSR, nanti juga dikelola secara profesional," jelasnya.