(GFD-2023-13407) Cek Fakta: Hoaks Penggantian Nomor ID PLN Minta Biaya Rp 400 Ribu

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 28/08/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi penggantian nomor ID PLN meminta biaya Rp 400 ribu, kabar tersebut beredar di tengah masyarakat lewat aplikasi percakapan.
Informasi penggantian nomor ID PLN meminta biaya Rp 400 ribu berupa lembar tanda bukti pembayaran, bertuliskan "TANDA BUKTI PEMBAYARAN PENGGANTIAN NO.ID (PLN)" disertai dengan logo PLN.
Pada lembar tersebut juga terdapat sejumlah keterangan seperti nomor ID pelanggan, nominal biaya penggantian sebesar Rp 400 ribu dan keterangan pebayaran untuk penggantian nomor .
Dalam lembar tersebut juga terdapat logo PLN dan cap merah yang bertuliskan PT PLN (Persero) yang posisinya sama dengan kolom tanda tangan.
Benarkah informasi penggantian nomor ID pelanggan PLN meminta biaya Rp 400 ribu? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi penggantian nomor ID PLN meminta biaya Rp 400 ribu, PLN pun membantah informasi tersebut dalam unggahan akun Instagram resminya @ pln_id, pada 28 Agustus 2023.
Bantahan tersebut berupa tangkapan layar tanda bukti pembayaran penggantian nomor ID Pelanggan disertai dengan tulisan sebagai berikut.
"WASPADA PENIPUAN
MODUS PENIPUAN MENGATASNAMAKAN PLN
"PLN tidak pernah mengadakan program penggantian nomor ID Pelanggan dan meminta pembayaran maupun data diri langsung ke rumah pelanggan"
Unggahan tersebut disertai dengan keterangan sebagai berikut.
"‼️WASPADA PENIPUAN‼️
Electrizen, PLN mengimbau untuk selalu berhati-hati terhadap berbagai bentuk penipuan yang mengatasnamakan PLN.
PLN tidak pernah mengadakan program penggantian nomor ID Pelanggan dan meminta pembayaran maupun data diri langsung ke rumah pelanggan.
Tips aman menghindari penipuan:
1. Berhati-hati terhadap pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan meminta pembayaran langsung. Petugas PLN selalu dilengkapi surat tugas dan identitas pekerjaan yang jelas;
2. Semua transaksi pembayaran layanan PLN selalu menggunakan nomor register atau kode bayar;
3. Petugas PLN tidak meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung;
4. Laporkan oknum yang mengaku sebagai petugas PLN melalui PLN Mobile atau Contact Center PLN 123;
5. Tidak mengunduh file atau aplikasi apapun dari nomor tidak dikenal yang mengatasnamakan PLN.
#WaspadaPenipuan
#PLN
#PLNUntukIndonesia
#UnleashingEnergyandBeyond"
 

Kesimpulan


Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim penggantian nomor ID PLN meminta biaya Rp 400 ribu hoaks.
PLN tidak pernah mengadakan program penggantian nomor ID Pelanggan dan meminta pembayaran maupun data diri langsung ke rumah pelanggan.

Rujukan